Langkah-langkan dan Tips Pesiapan Liburan Ke Pantai Pameungpeuk (Garut Selatan)


Tips ini saya sesuaikan dengan kondisi peerjalanan dari Kota Garut ke tempat wisata yang berada di Wilayah Garut Selatan menjelang Tahun Baru 2013

1.       Timing ( Waktu )

–          Kapan akan berangkat dari rumah

Tentukan kapan akan berangkat dari rumah apakah pagi, siang atau sore. Kalau malam tidak di anjurkan karena medan jalan dan cuaca saat ini yang kurang baik. Langkah menentukan waktu ini bertujuan pula untuk melakuakn persiapan yang berhubungan dengan cuaca. Berhubung saat ini musim hujan persiapkan jas hujan apabila menggunakan kendaran roda 2, memakai tas yang anti air / menggunakan pembungkus tas. Persiapkan kendaraan roda 2 anda agar air tidak mudah masuk ke dalam mesin atau komponen lain sehingga dapat menyebakan mogok di tengah jalan. Sediakan busi cadangan dan kunci busi untuk menghindari busi basah. Makanan dan minuman juga perlu untuk mengirit biaya perjalanan.

–          Berapa lama akan berwisata

Langkah ini bertujuan utnuk melakukan persiapan di tempat wisata. Apakah akan menyewa tempat seperi penginapan; bungalau; hotel atau mungkin akan membuat tenda, tidur di tempat terbuka (pinggir pantai).

Saran dari penulis : Kalau untuk 1 malam saja bisa menggunakan tenda atau bahkan tidur di tempat terbuka karena biasanya malam taun baru begitu diisi dengan berbagai kegiatan dan waktu tidur hanya beberapa jam saja. Namun untuk lebih 2 malam disarankan menyewa tempat. Hal ini untuk menghindari angin yang besar dan hujan yang bisa menurunkan kondisi tubuh sehingga mengurangi resiko sakit.

–          Mengetahui jarak tempuh dan medan jalan

Jarak tempuh dari Kota Garut ke Lokasi (saya asumsikan Kec. Pameungpeuk) adalah 80 km atau sekitar 2,5 jam menggunkaan roda 2 dan 3 jam menggunakan roda 4.

Anda akan melewati beberapa bukit mulai dari pperbukitan kebun teh dan hutan lindung. Jalan berkelok-kelok yang biasanya untuk pengendara roda 4 menimbukan mual dan pusing maka dari itu jangan lupa persiapkan kantong kresek  dan meminum obat anti mabuk perjalanan sebelum berangkat

2.       Tujuan / Lokasi yang akan dikunjungi

Ada bebearapa tempat tujauan wisata yang berada di wilayah Garut Selatan yang jaraknya cukup berdekatan.

  1. Pantai Sayangheulang

Sayangheulang ( Balinya Garut Selatan)

Pantai saying heulang terletak tidak jauh dari Alun- ALun Pameungpeuk sekitar 5 km. Pantai ini cukup indah dengan pepohonan yang masih cukup rimbun sehingga tidak sulit untuk mencari lokasi untuk bersantai di pinggir pantai tanpa membakar kulit anda dengan sinar matahai. Omabak tidak sampai ke pinggir pantai karena pantai ini dipenuhi dengan batu karang yang terhampat sampai beberapa meter dari mulut pantai, jadi aman untuk keluarga jika ingin main air. Ketersediaan penginapan dan bungalau yang cukup memberikan kemudahan untuk mengunjungi tempat ini. Ditambah lagi dengan harga yang relative murah disbanding pantai-pantai diluar kota. Namun perlu diingat jika akan menggunakan jasa penginapan di saat ramai seperti tauh baru anda disarankan booking tempat dulu karena dikhawatirkan akan penuh. Jadi anda cari sanak saudara yang berada di Pameungpeuk dan mintailah tolong untuk booking kamar atau bungalau. Harga Kamar biasanya 100.000 – 200.000 utnuk bungalau mulai dari 200.000 – 300.000.

2. Pantai Santolo

Senja di Pantai Santolo

Pantai ini sebetulnya adalah terusan dari Pantai Sayangheulang hanya saja terhalang oleh muara. Namun jika anda ingin mebwa kendaraan ke tempat ini tidak bisa langsung dari Pantai Sayangheulang melainkan harus putar balik arah menuju Jalan utama dan meneruskan sampai menemui Lapangan Sepak Bola Kiarakohok laulu belok kiri.

Pantai ini adalah pantai favorit dan sangat ramai. Ombak yang cukup besar, pemandangan sunset yang bisa dinikmati, ditambah lagi TPI (Tempat Pelelangan Ikan) ada disana.

Penginapana dan bungalau pastinya lebih banyak dan lebih baik lagi di banding Pantai Sayangheulang. Masalah harga tak perlu khawatir karena tidak ada bedanya dengan penginapan di Pantai Sayangheulang.

Kelebihan lain kita bisa melihat LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)

Bisa jadi objek foto-foto yang menarik buat oleh-oleh pulang.

3. Pantai Rancabuaya

Pantai ini terbilang cukup jauh dari Kec. Pameungpeuk sekitar 25 Km. Namun keindahan yang disuguhkan akan membuat mata trerpana sehingga lelah akan cepat hilang. Perlu waktu yang cukup untuk berwisata ke tempat ini karena jarak tempuh yang cukup jauh.

3. Cost / Biaya

Tentukan berapa budget anda untuk berlibur dan cari alternatip dari langkah langkah saya di atas agar biaya bisa diperkecil.

Persiapkan uang recehan untuk karcis masuk melewati portal di tiap tiap pantai. Biasaya 1 orang Rp. 2.000,-. Ada satu tips untuk melewati portal dengan gratis yaitu dengan menyimpan barang-barang bawaan di sanak saudara yang berada di Pameungpeuk sehingga kita tidak terlihat sebagai wisatawan luar daerah karena orang daerah setempat biasanya tidak akan dimintai karcis masuk. Tips ini khusus untuk roda 2.

Jika dana anda terbatas jangan coba-coba menginap di hotel (ada 1 hotel di pamuengpeuk yaitu ANB HOTEL) karena biaya akan membengkak.

Hotel ANB disarankan untuk yang memiliki budget cukup dan menginginkan kenyaman.

Harga menginap 1 malam mulai dari Rp. 300.000 – 750.000 (kalau tidak salah)

Hotel ini terlektak 5 km dari Pantai Santolo.

Catatan :

Artikel ini tidak 100 % akurat karena sewaktu-waktu bisa berubah sesuai kondisi yang ada. untuk lebih lanjut bisa menghubungi saya.

Saya bukanlah tim promosi dari salah satu perusahaan manapun.

Sebetulnya masih banyak pantai-pantai lain yang bisa dikunjungi namun saya tidak sempat menjabarkannya disini. Review lokasi-lokasi pantai yang bisa di lihat di Galeri Pantai Pameungpeuk

Siapapun yang membutuhkan bantuan saya yang berhubungan dengan persiapan  taun baruan di Pantai Garut Selatan saya bersedia membatu dengan ikhlas tanpa biaya apapun. Kecuali yang ikhlas memberikan donasi untuk kemajuan blog ini.

Kontak saya ada di blog ini, jangan sungkan. Saya siap membantu anda.

About marioubnormal

Warnet & Printing Berada di Wilayah Pameungoeuk - Garut
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Langkah-langkan dan Tips Pesiapan Liburan Ke Pantai Pameungpeuk (Garut Selatan)

  1. Pingback: Persiapan Pameungpeuk Dibanjiri Wisatawan ( Tahun Baru 2012 ) | Wikomsell

  2. Rike Utami says:

    trima kasih sharing nya kang

  3. giann says:

    dulu di pameungpeuk ada radio…tapi saya lupa lagi namanya

  4. yon says:

    Jembatan gantung di pantai santolo, sudah ndak bisa dilewati. Besi penyanngganya udah pada karatan dan papan- papanya udah lapuk. Bahya bila dilewati. Syang yach…ndak ada pemeliharaan.

    • marioubnormal says:

      Ya kang, sayang banget .. pemerintah terkait kurang memperhatikan perawatan maupun pembaharuan sarana dan prasarananya.
      Mudah-mudahan dalam waktu kedepan bisa lebih baik.

  5. dwiky says:

    ada rekomendasi penginapan di dekat pantai santolo ? atau mungkin punya kontak personnya?

  6. aning says:

    nuhun kang..pny kontak penginapan di dekat pantai santolo? utk bujet mahasiswa kang..

  7. coba Penginapan Mitra
    Jl. Santolo – Cilauteureun Kec. Cikelet
    Tlp.0262-237735

  8. MU PADE KE PANTAI MARI SINI ANE ASUH …KANG DANI TEA…082129705000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s